Bergabung dengan komunitas kami untuk terhubung dengan orang-orang di Bina Antarbudaya:

PENDAFTARAN 2017 (YEAR PROGRAM 2018-2019)

PENDAFTARAN PROGRAM BINA ANTARBUDAYA 2017 (YEAR PROGRAM 2018-2019)

CHAPTER KARAWANG

 

I.  SYARAT-SYARAT PENDAFTARAN UNTUK CALON PESERTA SELEKSI DARI WILAYAH CHAPTER KARAWANG

  1. Warga Negara Indonesia yang sehat jasmani dan rohani (siswa difabel WELCOME).
  2. Lahir antara Agustus 2000 - Agustus 2002 untuk program AFS, dan antara Januari 2001 - Agustus 2002 untuk program KL-YES .
  3. Pelajar SMA/SMK/MA/Pesantren/setara yang pada saat pendaftaran duduk di kelas X (sepuluh)  yang memenuhi kriteria sbb:
  1. Mendapat izin orang tua
  2. Direkomendasikan oleh Kepala Sekolah/Wakil Kepala Sekolah
  3. Aktif di organisasi dan kegiatan sekolah/masyarakat
  4. Berprestasi dalam berbagai kegiatan
  5. Beriman dan berkepribadian kuat
  6. Memiliki kemampuan dan stamina untuk menghadapi tantangan dalam budaya yang berbeda.
  1. Membayar biaya pendaftaran seleksi sebesar Rp. 50.000 untuk memperoleh PIN Pendaftaran. Pendaftaran dilakukan secara online (lihat keterangan).
  2. Bersedia mengikuti seleksi yang diselenggarakan oleh panitia seleksi Chapter Karawang.

 

II. TATA CARA PENDAFTARAN UNTUK CALON PESERTA SELEKSI

 

A. Pembelian PIN Pendaftaran

 

  1. Pembelian PIN Pendaftaran dimulai hari Sabtu 11 Maret 2017 sampai Sabtu 15 April 2017

2.      Pembelian PIN Pendaftaran dilakukan melalui email sbb:

a)  Transfer melalui ATM uang pandaftaran sebesar  Rp. 50.000 (lima puluh ribu rupiah) ke rekening  Yayasan Bina Antarbudaya Karawang di Bank Mandiri, dengan nomor rekening  101 000 672 3140. 

 

b)  Bukti/slip transfer di scan (atau difoto menggunakan ponsel) lalu kirim melalui email kepada Relawan Pendaftaran, alamat email daftarkarawang@gmail.com dengan menuliskan:

i.     Nama lengkap pendaftar dan kota tempat tinggal

ii.    Nama sekolah dan kota tempat sekolah

iii.  Nama pemilik rekening yang digunakan untuk mentransfer uang pendaftaran

 

Di subject email cantumkan nama lengkap pendaftar. Tidak perlu menuliskan hal lain di dalam isi email selain ketiga hal diatas.

 

c)    Paling lambat 1 x 24 jam, pendaftar akan menerima email balasan dari Relawan Pendaftaran berisi PIN Pendaftaran dan informasi lengkap tentang masa berlaku PIN, cara mengaktivasi PIN, cara melakukan pengisian formulir pendaftaran online, tata cara melakukan Verifikasi Data, serta informasi tentang seleksi.  

B. Pengisian Pendaftaran Online

 

1.     Setelah memperoleh PIN Pendaftaran, pendaftar membuka www.bina-antarbudaya.or.id untuk membuat akun dan mengakses formulir pendaftaran online. Baca terlebih dulu Panduan Pendaftaran Online.

 

2.     Pendaftar mengisi formulir pendaftaran online secara lengkap.  Sebagai referensi, Pendaftar dapat melihat daftar pertanyaan dan jawaban yang tercantum dalam Frequently Asked Question (FAQ) yang bisa dilihat pada waktu masuk ke www.bina-antarbudaya.or.id

3.     Baca dengan teliti seluruh informasi dan siapkan data (data keluarga, nilai raport SD-SMP-SMA, daftar prestasi, daftar kegiatan sosial dll) sebelum membeli PIN Pendaftaran karena PIN mempunyai masa kadaluwarsa.   Setelah PIN kadaluarsa akun akan tutup secara otomatis dan tidak dapat diakses kembali kecuali dengan membeli PIN baru.

C. Verifikasi Data Peserta Seleksi

1.     Pendaftar diwajibkan melakukan Verifikasi Data dengan mendatangai Relawan Verifikasi untuk mendapatkan keabsahan dokumen yang dipersyaratkan untuk mengikuti seleksi. Bagi yang tidak melakukan Verifikasi Data tidak dapat mengikuti seleksi.

2.     Tata cara melakukan Verifikasi Data serta informasi tentang tempat dan waktu pelaksanaan Verifikasi Data akan dikirimkan sesuai dengan point A 2 c) di atas.

 

III. TAHAPAN SELEKSI

 

  1. Seleksi dilakukan dalam 3 tahap dengan sistem gugur sbb:

a).   Seleksi Tahap I (30 April 2017) berupa test tertulis Pengetahuan Umum dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, serta menulis Esai dalam Bahasa Indonesia. 

b).   Bagi yang lulus seleksi Tahap I akan mengikuti Seleksi Tahap II (21 Mei 2017) berupa Wawancara Kepribadian dan Bahasa Inggris.

c).    Bagi yang lulus seleksi Tahap II akan mengikuti Seleksi Tahap III (11 Juni 2017) berupa Dinamika Kelompok dan Unjuk Bakat.

2.   Pengumuman tentang waktu serta tempat seleksi akan diberitahukan kemudian. Simpan PIN dan Kartu Peserta Seleksi baik-baik karena akan dibutuhkan sampai seleksi berakhir.

 

 

IV. KETERANGAN LAIN

1.     Program ini terdiri dari program dana mandiri AFS ke Eropa, Amerika Latin dan Asia Pasifik, program beasiswa KL-YES ke Amerika Serikat dalam jumlah terbatas dengan persyaratan dan ketentuan khusus, serta program jangka pendek ke Eropa dan Jepang.

2.     Program ini terbuka bagi siswa dari seluruh kalangan tanpa memandang latar belakang agama, suku bangsa dan sosial ekonomi serta terbuka bagi siswa yang berkebutuhan/berkemampuan khusus (difabel/different abilities) seperti siswa yang memiliki keterbatasan pendengaran (tuna rungu), keterbatasan penglihatan (tuna netra) dan keterbatasan mobilitas fisik/anggota tubuh (tuna daksa). Namun mohon memberitahukan kondisi siswa difable kepada panitia seleksi seawal mungkin agar dapat dilakukan persiapan yang memadai.

3.   Seluruh informasi dan pengumuman sehubungan dengan seleksi di Chapter Karawang akan dimuat di blog Chapter Karawang: binabudkarawang.blogspot.com dan website Bina Antarbudaya Nasional: www.bina-antarbudaya.or.id (pilih Tentang Kami→Chapter→Karawang). Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat dan tidak diadakan surat menyurat maupun komunikasi email dalam hal ini.

 

***

 

 

Untuk informasi selebihnya follow SOSMED kita (twitter, Instagram & LINE Account).

Untuk pertanyaan selebihnya tolong EMAIL / LINE kita langsung. 

(Kami tidak bisa merespond pertanyaan melalui Instagram).

Volunteer Exchange Goes to Bangalore, India!

Program pertukaran Relawan Bina Antarbudaya "Volunteer Exchange", yang rutin setiap tahunnya dilakukan.

Bincang-Bincang dengan Veteran RI

Dalam rangka memperingati HUT Bina Antarbudaya yang ke 27, divisi Pengembangan Relawan memprakarsai acara yang sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Bina Antarbudaya merasa perlu untuk selalu memperbarui semangat para relawan untuk memberikan kontribusi pada komunitasnya.…